http://adf.ly/8mXN9
Cara Kerja CDI AC
AC singkatan dari Alternating Current, pengertian ini diambil dari istilah yang digunakan oleh Perusahaan listrik untuk menamai sistem tegangan yang digunakan. Tegangan AC pada jala-jala PLN biasanya merupakan tegangan bolak balik dengan bentuk sinusodal dengan frekuensi 50 Hz. Jadi dalam satu detik pada jala-jala PLN terjadi sebanyak 50 gelombang. Gambar 1 menunjukan bentuk gelombang sinus bolak-balik
1. Model 2 Spul tegangan. terdiri dari 2 konfigurasi spul satu untuk mensuplai capacitor tegan tinggi pada CDI satu lagi untuk sistem splai tegangan pengendali/controller pada CDI. Sistem ini dianut oleh pabrikan yamaha pada model : Yamaha Alfa, Yamaha F1, Yamaha Vega AC dan yamaha Scorpio
2. Model 1 Spul tegangan. Hanya terdiri dari satu spul tegangan tinggi yang sebenarnya digunakan untuk suplay pada capacitor. Sistem tegangan untuk contoller berasal dari konversi tegangan tinggi. Sistem CDI AC seperti ini memiliki kelebihan dalam kesederhanaan desain tapi mempunyai kelemahan sulitnya mendesain sistem untuk suplai tegangan controller. Sistem ini dianut lama oleh pabrikan honda pada model sepda supra series atau mesin C100, yamaha RXking, Suzuki RC100 dan pada bajaj pulsar twin spark.
Gambar 2 adalah blok digram CDI AC pada sistem 2 spul.
Kelebihan sistem CDI AC adalah kemudahan untuk diaplikasikan menjadi 2 sprak, bila pada sepeda motor menggunkan 2 busi sperti yg diaplikasikan oleh bajaj pulsar
Cara Kerja CDI AC
AC singkatan dari Alternating Current, pengertian ini diambil dari istilah yang digunakan oleh Perusahaan listrik untuk menamai sistem tegangan yang digunakan. Tegangan AC pada jala-jala PLN biasanya merupakan tegangan bolak balik dengan bentuk sinusodal dengan frekuensi 50 Hz. Jadi dalam satu detik pada jala-jala PLN terjadi sebanyak 50 gelombang. Gambar 1 menunjukan bentuk gelombang sinus bolak-balik

gambar 1 bentuk gelombang tegangan AC
Pada magnet sepeda motor terdapat kumparan/lilitan kumparan yang berfungsi
sebagai pembangkit tegnagan tinggi. Dalam prakteknya terdapat dua jenis sistem
pembangkit tegangan pada sepeda motor ketika diaplikasikan untuk CDI:1. Model 2 Spul tegangan. terdiri dari 2 konfigurasi spul satu untuk mensuplai capacitor tegan tinggi pada CDI satu lagi untuk sistem splai tegangan pengendali/controller pada CDI. Sistem ini dianut oleh pabrikan yamaha pada model : Yamaha Alfa, Yamaha F1, Yamaha Vega AC dan yamaha Scorpio
2. Model 1 Spul tegangan. Hanya terdiri dari satu spul tegangan tinggi yang sebenarnya digunakan untuk suplay pada capacitor. Sistem tegangan untuk contoller berasal dari konversi tegangan tinggi. Sistem CDI AC seperti ini memiliki kelebihan dalam kesederhanaan desain tapi mempunyai kelemahan sulitnya mendesain sistem untuk suplai tegangan controller. Sistem ini dianut lama oleh pabrikan honda pada model sepda supra series atau mesin C100, yamaha RXking, Suzuki RC100 dan pada bajaj pulsar twin spark.
Gambar 2 adalah blok digram CDI AC pada sistem 2 spul.
Gambar 2 Diagram blok Sitem CDI AC 2
Spul
Sensor berasal dari pick-up coil yang mengubah posisi tonjolan pada magnet
menjadi sinyal pulsa yang diumpankan pada untai pengkondisi isyatar atau SCU.
pada SCU terjadi transformasi sinyal dari sinyal bentuk analog menjadi sinyal
bentuk pulsa kotak yang digunkan sebagai referensi untuk controller dalam
menentukan titikpengapian. Controller melakukan komputasi aritmatika untuk
menentukan titik pengapian presisi untuk trigger untai SCR yang bertindak
sebagai saklar solid state untuk capacitor tegangan tinggi. muatan capacitor
trgangan tinggi dilepasakan ke coil melalui untai SCR. Coil mrlipatgandakan
teganganuntuk menghasilkan percikan pada busi.Kelebihan sistem CDI AC adalah kemudahan untuk diaplikasikan menjadi 2 sprak, bila pada sepeda motor menggunkan 2 busi sperti yg diaplikasikan oleh bajaj pulsar
No comments:
Post a Comment
Terimakasih Atas kunjungannya