Mkanisme penggerak katup adalah serluruh komponen komponen yang menggerakkan katup, waaktu membuka maupun menutup.
Komponen komponennya sebagai berikut
Mekanisme penggerak katup ada dua tipe
1. OHV (over head Valve)
Over head val, Dimulai dari proses berputarnya noken as/porosnok, dan lifter/pushrood ter angkat, rocker arm ter dorong dan menekan poros katup serentak melawan gerak gaya pegas, dan katup terbuka. Untuk tipe ini porosnok berada di block mesin dan menggunakan komponen tambahan untuk memngankat rocker arm, untuk tercapinya pembukaan katup
2. OHC (Over Head Camshaft)
Over head camshaft, Dimulai dari berputarnya poros nok yang di potar oleh poros engkol menggunakan belt atau rantai sebagai pemindah putaran ke porosnok, kemudian porosnok langsung mengankat atau mendorong rocer arm sehingga rocker arm mendorong poros katup dan melawan gaya dari pegas sehingga katup terbuka. pada tipe ini porosnok berada di kepala cylinder/dexel. dan tidak menggunakan lifter.
Komponen komponennya sebagai berikut
Mekanisme penggerak katup ada dua tipe
1. OHV (over head Valve)
Over head val, Dimulai dari proses berputarnya noken as/porosnok, dan lifter/pushrood ter angkat, rocker arm ter dorong dan menekan poros katup serentak melawan gerak gaya pegas, dan katup terbuka. Untuk tipe ini porosnok berada di block mesin dan menggunakan komponen tambahan untuk memngankat rocker arm, untuk tercapinya pembukaan katup
2. OHC (Over Head Camshaft)
Over head camshaft, Dimulai dari berputarnya poros nok yang di potar oleh poros engkol menggunakan belt atau rantai sebagai pemindah putaran ke porosnok, kemudian porosnok langsung mengankat atau mendorong rocer arm sehingga rocker arm mendorong poros katup dan melawan gaya dari pegas sehingga katup terbuka. pada tipe ini porosnok berada di kepala cylinder/dexel. dan tidak menggunakan lifter.
No comments:
Post a Comment
Terimakasih Atas kunjungannya