26 Nov 2012

CARA DIAKNOSA KERUSAKAN PADA SISTEM EFI HONDA PGMF1



CARA DIAKNOSA KERUSAKAN PADA SISTEM EFI HONDA PGMF1

1.       Kedipan panjang bernilai =10
2.       Kedipan pendek bernilai =1
3.       Jika MIL ditemukan berkedip pendek 7 kali  maka nilainya =7
4.       Jika di temukan kedipan panjang 1 kali+2kali kedipan pendek maka hasilnya =12 (dua belas)

Sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu cara membaca kedipan MIL :
  1. Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
  2. Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Contoh : 
jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh) ; jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas).
Error sistem antara satu dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5 detik.


OK, berikut beberapa indikator error sistem injeksi yang mampu ditangkap oleh MIL, diantaranya :
Kedipan   1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan   7 = Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
Kedipan   8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan   9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Cara "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" :
A. Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu
B. Langkah Reset :
  1. Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi – baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
  2. Matikan kunci kontak ke “ OFF  “
  3. Pasang DLC Shorts Connector
  4. Putar kunci kontak ke  “ ON “
  5. Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, reset berhasil)
  6. Putar kunci kontak ke “ OFF  “
  7. Lepas DLC Shorts Connector
  8. Putar Kunci Kontak ke “ ON “
  9. Selesai